Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 8 Cakranegara

Authors

  • Feny Afriatmei Universitas Mataram
  • I Wayan Merta Universitas Mataram
  • Nursiah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.440

Keywords:

Pendekatan TaRL, hasil belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan TaRL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 8 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendektan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas V B SDN 8 Cakranegara berjumlah 28 yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agusutus 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Pada pra siklus menunjukan hasil belajar peserta didik 43% ketuntasan klasikal. Siklus I menunjukan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal yaitu 54%. Siklus II menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan yaitu 89 %. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 8 Cakranegara.

References

Arikunto, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, N. (2017). "Penerapan Pendekatan TARL untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta didik". Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2), 45-58.

Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534-1540.

Dewi, G. A. K., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2024). Persepsi Guru dan Peserta didik Tentang LKPD Sains-Ekowisata Mangrove Pada Peserta didik SMAN 1 Lembar Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1541-1548.

Huda, N., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Strategi Evaluasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1625-1630.

Loka, I. N., Sofia, B. F. D., Husnawati, H., & Anwar, Y. A. S. (2024). Identifikasi Tingkat Kemandirian Belajar Peserta didik dan Korelasinya dengan Hasil Belajar di Masa Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2047-2055.

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58-64.

Putri, R., & Mahmud, A. (2018). "Efektivitas Pendekatan TARL dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Menulis". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 67-76.

Qur’aina, N., Sukawati, I., & Nugrahaningsih, W. H. (2024, May). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Usaha dan Energi Kelas 8H SMPN 34 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 1273-1283).

Syerlinda, Saenab, S., Djumriah, & Hatimah. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 23 Barru. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 991–997.

Yanti, S. (2019). "Pendekatan TARL: Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 89-102.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles