Analisis Hubungan Etnosains Fisika Terhadap Alat Transportasi Tradisional Cidomo di Pulau Lombok
Authors
Yulia Hasan , Fahmi Firdaus , Abdul SyukurDOI:
10.29303/goescienceed.v5i2.312Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2024): MayKeywords:
Etnosains Fisika , Alat Transportasi Tradisional, CidomoAbstract
Cidomo merupakan alat transportasi tradisional di Pulau Lombok yang memiliki hubungan etnosains dalam konteks materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etnosains pada cidomo dalam konteks materi fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan etnosains fisika terhadap alat transportasi cidomo, yang mencakup materi pembelajaran seperti momentum, kinematika, dinamika gerak, elastisitas bahan, dan kesetimbangan benda tegar. Kesimpulannya, penelitian ini berhasil menganalisis hubungan etnosains pada cidomo dalam konteks materi fisika, menunjukkan bagaimana pengetahuan lokal dan ilmiah dapat saling melengkapi dalam pemahaman konsep fisika.References
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.
Cholilalah, Rois Arifin, A. I. H. (1967). Etnosains dan Kearifan Lokal Pemanfaatan Ampas Minyak Kelapa Terhadap pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA Intan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(1), 82–95.
Dani, R., Jufrida, J., Basuki, F. R., & Handayani, F. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berkonteks Etnosains Pada Permainan Patok Lele Dan Gobak Sodor. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(April 2021), 101–109. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1543
Dani, R., Jufrida, J., & Bunda, A. P. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Sebagai Acuan Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Etnosains. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(April), 17–23. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1732
Dwi Wulandari, Maison, M., & Dwi Agus Kurniawan. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 93–99. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.817
Ekaputri, T. S., Hariyanto, S. N., & Salsabil, Z. S. (2023). Pengaplikasian Budaya Sumba Barat Sebagai Elemen Desain Pada Streetwear. Folio Vol. 4 No. 1., 21–30.
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Fauzana Nelmi, & Risda Amini. (2023). Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140–1253. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6151
Forniawan, A. (2022). Implementasi Sumber Belajar Bioteknologi Berbasis Etnosains Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh Implementation the Learning Resources of Biotechnology Based on Ethnosains At Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh. Journal of Biology Education
Research, 3(2), 133–144. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz
Haryani et al. (2016). Edukasi Fisika Dan Praktik Roket Air Di Mts N 6 Sijunjung. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 2552–2556.
Hikmawati, Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2021). Local wisdom in Lombok island with the potential of ethnoscience for the development of learning models in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1816(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012105
Imansari, M., Sumarni, W., & Sudarmin. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211.
Lidi, M. W., Praja, V., Mbia Wae, S., & Kaleka, M. (2022). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Merdeka Belajar di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206.
Ramdiah, S., Abidinsyah, A., Royani, M., Husamah, H., & Fauzi, A. (2020). South Kalimantan local wisdom-based biology learning model. European Journal of Educational Research, 9(2), 639–653. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.639
Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Rekonstruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat di Pinggiran Danau Sentani Jayapura. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2687–2695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1866
Savitri, A. S., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Upaya Pelestarian Budaya di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Inspirasi Dunia: Jurnal …, 3(1). Retrieved from https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/1809%0Ahttps://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/download/1809/1446
Syafindri, S., Kholik, K., Tirtasari, K., & Janah, M. (2023). the Relationship Between Gastrointestinal Worms Prevalence and Age of Cidomo Drilling Horse in Mataram City. Jurnal Biosains Pascasarjana, 24(1SP), 30–38. https://doi.org/10.20473/jbp.v24i1sp.2022.30-38
Tyas, F. N., & Nurhikmahyanti, D. (2014). Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS) (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Gresik). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 89–99.
Ulya, K., Pamelasari, S. D., Hardianti, R. D., Khas, M., Belong, M., & Sains, K. P. (2023). Pembuatan Makanan Khas Moto Belong Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional IPA XIII, 335–347.
Wulandari, S. I., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penggunaan E-Modul Berbasis Etnosains Materi Zat dan Perubahannya dalam Usaha Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 103–113. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2294
Darmiyanti, D. (2022). Evaluasi Tinjauan Kapasitas Parkir Terhadap Luas Pasar Pagesangan Kota Mataram (Doctoral dissertation Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.