Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Sains Kaffah
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.302Keywords:
Respon Mahasiswa, Pembelajaran, Sains KaffahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap model pembelajaran sains Kaffah. Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif untuk mengetahui respon mahasiswa. Sampel adalah mahasiswa kelas III E PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Data yang diperoleh dari angket respon dengan 3 indikator, yaitu senang, mudah memahami dan bermanfaat. Hasil yang diperoleh bahwa respons mahasiswa terhadap pembelajaran sains Kaffah termasuk kategori praktis dengan rata-rata senang 79,06%, mudah memahami 78,45% dan bermanfaat 80,55%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan respon mahasiswa kelas III E PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram positif terhadap pembelajaran Kaffah sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat dipilih oleh dosen dalam mengajar.
References
Afifah, G., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1).
Aini, K. (2021). Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.
Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2024). Model Pembelajaran Kaffah. Mataram. Einstein College.
Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., Hakim, A., & Hikmawati, H. (2023). Tanggapan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Pembelajaran Kaffah Pada Prinsip Bernoulli. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1941–1945. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1912.
Busyairi, A., Munandar, R., Apsari, P. A. D., Wahyuni, A., Nurhasanah, N., Arni, K. J., & Diarta, M. H. (2022). Identification of Prospective Physics Teacher's Misconceptions of Temperature and Heat concept Using the Three Tier Test: England. AMPLITUDO: Journal of Science and Technology Innovation, 1(2), 48-53.
Jalaluddin Al-Mahdi (2020). Tafsir AlJalaluddin. Ummul Quran: Tangerang.
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas: literature review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75-82.
Pribadi, B. A. (2009). Desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Ramadhani, R., & Izzati, N. (2023). Keefektifan dan Kepraktisan Modul Dasar Pemrograman. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 47–53. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1142.
Siregar, Nurliani, and Hartini Nara. "Belajar dan pembelajaran." Penerbit Ghalia Indonesia (2015).
Situmorang, R. P. (2016). Integrasi literasi sains peserta didik dalam pembelajaran sains. Satya Widya, 32(1), 49-56.
Sulistyani, N., Alfreda, L. E. G., & Silvia, S. (2021). Profil Pemahaman Holistik Mahasiswa Pengajaran Mikro Kelas B tentang Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).
Syam, J., Asrizal, A., & Kamus, Z. (2017). Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik kelas X SMAN 9 Padang. Pillar of Physics Education, 9(1).
Windyariani, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks Dan Kreativitas:(Strategi Untuk Membelajarkan Sains Di Abad 21). Deepublish.
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100-115