Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Power Point Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gelombang Mekanik

Authors

  • Agus tina Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Ahmad Busyairi Universitas Mataram
  • Susilawati Susilawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.285

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, power point interaktif, gelombang mekanik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media power point interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik di SMA Negeri 1 Kediri. Jenis penelitian quasi eksperimentdengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalahseluru kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kediri. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan sampel jenuh dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan power point interaktif dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung.Kemampuan berpikir kritis diukur dengantes uraian sebanyak 10 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Uji t menghasilkan nilai t hitungkemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 6,847 lebih besar dari t tabelyaitu 2,012 sehingga H0ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan power point interaktif terhadap kemampun berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai N-gain scorepeserta didik sebesar 0,796 pada kelas eksperimen dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,625 dengan kategori sedang.

References

Amalia, R., Kosim, K., & Gunada, I.W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2b), 748-750.

doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.70

Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Power point Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 6 (2), 14-15.

https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16153/pdf

Ayunda, N., Lufriz, L., & Alberida, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on education, 5(2), 5000-5002.

doi: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Busra, B., Festiyed, F., & Ramli, R. (2015). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Power Point Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika, 147-149.

http://repository.unp.ac.id/id/eprint/178

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2(3), 401-409.

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Kartini, D., Nurohmah, A. N., Wulandari, D., & Prihantini, P. (2022). Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092-9099.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMA Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19-26. https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/117

Saadila, H., Gunawan, G., & Hikmawati, H. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on Student’s Critical Thinking Ability in Mechanical Wave Material. Journal of Science & Technology Inovation, 3(1), 55-60.

doi: https://doi.org/10.56566/amplitudo.v3i1.138

Setiawan, A. (2021). Problem based learning (PBL) model for the 21st century generation. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 4, No. 6, pp. 290-296).

https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/68457/38083

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456-469.

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797

Verawati, N.S.P., Wahyudi, W., & Taufik, M. (2018). Efek dan Konstribusi Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Berbasis Model Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (2), 232-233.

doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.870

Widayati, S., & Khofifah, E.N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 39-40.

https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/357/256

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles