Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Suhu dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.283Keywords:
Think Pair Share, keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran kooperatif, suhu dan kalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMAN 1 Sape. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling, dengan kelas XI MIA-2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA-4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran TPS, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model konvensional. Data keterampilan berpikir kreatif dikumpulkan melalui tes uraian sebanyak 10 soal dan dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dibandingkan model konvensional, dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 69,46 dan kelompok kontrol sebesar 51,48. Peningkatan per-indikator keterampilan berpikir kreatif pada kelompok eksperimen menunjukkan kategori sedang hingga tinggi, dengan persentase peningkatan tertinggi pada indikator flexibility (72,36%) dan terendah pada originality (16,57%). Hasil uji hipotesis memperlihatkan nilai thitung sebesar 5,489 lebih besar dari ttabel sebesar 2,012, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model TPS berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor.
References
Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning Dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83-98.
Ekoningtyas, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Think-Pair-Share dipadu Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep IPA dan Retensinya serta Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 332-342.
Irwansyah, M., Mahardika, I. K., & Supriadi, B. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) disertai metode praktikum untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 371-376.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 3(2).
Mubarak, S., Aisyah, A, & Abdul, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(2), 127-134
Mulder, W. R. S., & Siswanto, J. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 65 Maluku Tengah pada materi suhu dan kalor. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 1-6.
Nur, I. M., & Abdullah, I. H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Soft Skill Matematis peserta didik SMA. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2).
Nuyami, N. M. S., Suastra, I. W., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Self-Efficacy peserta didik SMP Ditinjau Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Rahmawati, S. R., Taufik, M., Harjono, A., & Zuhdi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1).
Satria, R. P., Sahidu, H., & Susilawati, S. (2020). Efektifitas Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(2).
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Susanti, W., Linda, F. S., Nurhabibah., Agustina, B. G., Gazi, S., Theofilus, A. N., Tatan, S., Ledy, N., Suroyo., Rudy, M., Srie, F. L. (2022). Pemikiran Kritis Dan Kreatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Zuhdi, M.,Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) pada Matta Kuliah Fisika Dasar Berbasis Proyek Aeromodelling. Jurnal of Science & Teknology Innovation, 2(1)