Keterampilan Berpikir Kritis Getaran Dan Gelombang Peserta Didik Kelas VIII Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Nanda Pratama Putra Physics Education Program, University of Mataram
  • Ahmad Harjono Physics Education Program, University of Mataram
  • Hikmawati Physics Education Program, University of Mataram
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.281

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Getaran Dan Gelombang., Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Getaran Dan Gelombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di SMPN 4 Sape. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen test sebanyak 7 soal dalam bentuk uraian yang digunakan untuk tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen mencapai 83,44, sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai 70,19. Uji t menunjukkan bahwa nilai thitung (2,93) lebih besar dari ttabel (2,04), yang menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran di sekolah. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk lebih mempersiapkan aspek teknis dan non-teknis dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah agar hasil yang dicapai lebih optimal

References

Amanda, S. &. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembalajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Bebasis SETS. Journal of Natural Science Education Reseach, 57 - 64.

Anggraeni. 2013. Implememtasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 3 Tahun 2013.

Fatimah, A. T. & Zakiah, N. E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Pemecahan Masalah Konteks Pemasaran. Mathline Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141-150.

Fitri, Siti Fadila Nurul. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penendikan Tambusai, 5(1), 1617-1620..

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hardiyanto., Susilawati., & Harjono, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Ekspositori Dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTSN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. JPFT, 1 (4):249-256.

Hasanah, S., Susilawati., & Rokhmat, J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. JPFIS, 2(1):11-16.

Kwan, Y. W., Wong, A. F. L. 2015. Effects of the constructivist learning environment on students’ critical thinking ability: Cognitive and motivational variabels as mediators. International Journal of Educational Research.

Pratiwi, E. T. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnak Basicedu, 379-408.

Rosa, N. M. (2016). Pengaruh Model Pembenlajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berikir Kreatif. Jurnal Formatik, 175 - 183.

Rositawati, Dwi Nugreheni. (2018). Kajian Berpikir Kritris Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Paat, m. &. (2021). Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 469 - 476.

Pratama, E., Sutrio., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis. JIPP, 7 (1):236-241.

Wahyudi, Lestari Eko., Alfiyan Mulyana., Ajrin Dhiaz, et.al. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles