Pengembangan Media Papan Stik Perkalian Bilangan Cacah (PATIPELACA) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Perkalian Bilangan Cacah Siswa Kelas 3 SDN 2 Sandik
Authors
Ary Nulfariza , Ida Ermiana , Vivi Rachmatul HidayatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1377Published:
2025-08-27Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Bilangan Cacah, Papan Stik Perkalian, Pemahaman Konsep, Pengembangan MediaAbstract
Materi operasi perkalian di sekolah dasar seringkali dianggap sulit oleh siswa karena diajarkan dengan metode menghafal. Hal ini kurang tepat karena menyebabkan siswa hanya mengetahui hasilnya, tanpa memahami konsep dari perkalian tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media papan stik perkalian bilangan cacah yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi perkalian bilangan cacah siswa kelas 3 SDN 2 Sandik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 2 Sandik yang berjumlah 18 orang. Instrument yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket respon kepraktisan serta tes (pre-test dan post-test). Hasil validasi menunjukkan bahwa media papan stik perkalian dinyatakan sangat valid dengan persentase 85% dari segi materi maupun media. Pada aspek kepraktisan, media PATIPELACA dinyatakan sangat praktis dengan persentase angket respon siswa 92% dan angket respon guru 97%. Selanjutnya berdasarkan hasil tes, media PATIPELACA menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media, dengan skor N-gain sebesar 0,735 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka media PATIPELACA yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep operasi perkalian bilangan cacah siswa kelas 3 SDN 2 Sandik.References
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalaian Pintar Matematika) Materi Perkalian untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 41-47.
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(2), 351.
Andarwati, N., & Pujilestari, Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(4), 844-851.
Apriani, N. K. R., Ermiana, I., & Nurmawanti, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa pada Materi Operasi Hitung untuk Siswa Kelas IV di SDN 32 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1435-1444.
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(2), 28-40.
Asih, W. S., & Anwar, A. S. (2023). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kantong Doraemon. Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 3582-2587.
Attalina, S. N., & Irfana, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian dengan Menerapkan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Pembelajaran TOLKAMA (Botol Perkalian Matematika) pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 210-219.
Bramantha, H., & Meliandani, R. (2024). Perbedaan Hasil Belajar antara Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan Metode Ceramah pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MUTIARA PGSD, 1(1), 1-10.
Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 210-221.
Dahlan, A., & Kondihi, F. (2021). Pengembangan Media Papan Stik (Stick Board) pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 10-24
Ermiana, I., Parwati, N., Sudiarta, I., & Sudatha, I. (2024). Ethnocultural Wisdom and Development of E-Comic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(6), 3618-3627.
Febriyanti, D. A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1409-1417.
Hadi, A., & Merta, I. W. (2024). Penerapan Gaya Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas 5 SDN 8 Cakranegara. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 890-894.
Hasanah, N., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Materi Evaluasi Pembelajaran berbasis Wordwall untuk Siswa Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(2), 153-166.
Hasibuan, F. H. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Perkalian dalam Pelajaran Matematika di Desa BAH Jambi. Sora Journal of Mathematics Education, 5(1), 48-52.
Husna, F. A. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 33-49
Hutagaol, G. A., Rozi, F., Simbolon, N., Tarigan, D., & Mailani, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik dengan Pendekatan Saintifik pada Operasi Hitung Perkalian di Kelas III SD Negeri 19 Panangganan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4731-4738.
Kartikasari, A., & Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Game Moou Train Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 36-46.
Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113-119.
Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan media pembelajaran dalam bentuk permainan papan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 437-446.
Oktafiani, O., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 124-134.
Pandini, I., Ermiana, I., & Rahmatih, A. N. (2023). Hubungan Gaya Belajar dengan Pemahaman Konsep IPA SDN 29 Ampenan Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).
Qomariyanti, N., Ermiana, I., & Husniati (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 178-184.
Apriani, N. K. R., Ermiana, I., & Nurmawanti, I. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa pada Materi Operasi Hitung untuk Siswa Kelas IV di SDN 32 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1435-1444.
Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Ratana, B. (2023). Penggunaan Media Papan Berhitung pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II SDN 6 Wonogiri. Jurnal Bahusacca, 4(1), 29-40.
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 233-241.
Safitri, L. A., Huda, C., & Widyaningrum, A. (2023). Pengembangan Media Paper (Papan Perkalian) pada Materi Perkalian Siswa Kelas II SDN 2 Jegong Kabupaten Blora. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 3999-4009.
Sauri, M. S., & Nurdian, N. (2025). Efektifitas Penggunaan Media Benda Kongkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20(1), 1905-1912
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, A., Epi, Wulandari, F., Latipah, & Trini. (2023). Pengembangan Media Papan Baper (Batang Perkalian) pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 1-10.
Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau dari Gender dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25-37.
Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar dengan Metode Jarimatika: Belajar menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 1-8.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.
Zaneta, V. I. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-178.
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.