Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Materi Usaha dan Energi

Authors

  • Mardiatul Jannah UNIVERSITAS MATARAM
  • Muh. Makhrus
  • Syahrial A
  • Satutik Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1319

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Usaha Dan Energi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Kesehatan di SMAN 1 Suela. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu peserta didik kelas XI Kesehatan 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 peserta didik, dan peserta didik kelas XI Kesehatan 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan instrument tes penguasaan konsep yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal sehingga diperoleh tes objektif sebanyak 20 butir yang mengukur penguasaan konsep pada ranah kognitif C1 sampai C3 berdasarkan taksonomi bloom revisi Anderson dan Krathwohl. Hasil analisis data pre-test penguasaan konsep peserta didik tidak jauh berbeda sebelum diberikan perlakukan dimana rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 48,04 dan kelas kontrol sebesar 33,21. Setelah perlakuan diberikan, hasil post-test menunjukkan peningkatan penguasaan konsep, yaitu kelas eksperimen mencapai rata-rata 75,89 dan kelas kontrol 63,93. Selain itu, uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sebesar 4,86 lebih besar darisebesar 2,00. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan energi.

References

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berfikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

Helmi, F., Rokhmat, J., & Jannatin, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Berfikir Kausalitik ber-Scaffolding Tipe 2B Terkomodifikasi Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.332

Hermansyah, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97–102.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi V. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kurniawan, D. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Usaha dan Energi. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1), 10–18.

Makhrus, M., Parwati, I., & Gunade, I. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Konflik terhadap Penurunan Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 278–284. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.842

Nidda, N., Gunawan, G., & Wahyudin, D. (2022). Pemahaman Konsep Abstrak Fisika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i1.1291

Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sabahiyah, S., Wardani, W., & Pratiwi, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1),

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 55–62.

Suhrani, A., & Ramadhani, F. (2015). Rangkaian Aktivitas Inkuiri dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 115–123.

Suyanti, Y. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Problem Posing. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahrial, A., Wahyudi, W., & Suryani, N. N. P. V. (2018). Inquiry Creative Process: Suatu Kajian Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Widiyanti, W., Joni, K., & Aris, D. (2023). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Model Generatif Berbantuan Video Simulasi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 87–88. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1139

Downloads

Published

2025-08-31

Issue

Section

Articles