Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 25 Ampenan Kota Mataram Tahun Ajaran 2024/2025

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas Mataram
  • Darmiany
  • Husniati

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1252

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, SDN 25 Ampenan

Abstract

Keterampilan menulis Karangan Narasi adalah proses untuk meninjau kemampuan seseorang dalam menuangkan ide, gagasan, dan perasaan dalam bentuk tulisan yang menyajikan serangkaian peristiwa secara kronologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 25 Ampenan kota Mataram. Penelitian ini dilakukan di SDN 25 Ampenan Kota Mataram menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai keterampilan Menulis karangan narasi siswa di SDN 25 Ampenan menunjukkan Hasil penilaian penulisan karangan narasi menunjukkan pencapaian signifikan terdapat 4 orang siswa mencapai kategori sangat  baik dengan presentase 18,2, sebanyak 10 (45,4%) siswa berada pada kategori baik, sebanyak 5 (22,7%) siswa berada pada kategori cuku dan 3 (13,6%) masuk dalam kategori kurang. Beberapa faktor yang mendukung pengembangan keterampilan menulis narasi siswa antara lain minat membaca yang cukup tinggi, dukungan guru dalam proses pembelajaran, dan tersedianya berbagai sumber bacaan. Sementara itu, faktor penghambat utama adalah keterbatasan waktu latihan menulis, kurangnya variasi dalam metode pembelajaran, dan minimnya feedback yang konstruktif.

References

Aisyah, A (2021). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Mi Roudlatul Ulum Suwawal 04 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2-3

Alaydrus, A. M., & Hardjomuljadi, S. (2018). Analisis Faktor Keterlambatan Dimulainya Pelaksanaan Proyek Konstruksi Pada Model Kontrak Rancang Bangun. Jurnal Konstruksia, 10(1), 95–116.

Almana, E. S., Santa, S., & Anwar, W. S. (2019). Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 80–92. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V3i1.33920

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Baiti, Detik Nur, Yosef, and Asnimar, ‘Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar SERI Siswa Kelas V SD Negeri 128 Palembang’ (Sriwijaya University, 2016)

Dalman, (2011) Keterampilan Menulis. Jakarta: Grasindo Persada

Dalman, (2018) Keterampilan Menulis, Jakarta: Rajagrafindo Persada

Herlina Wati, S., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar

Maya, T (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Indah Menggunakan Strategi Pemodelan Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Sungai Pinyuh, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan

Munirah 2015, Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf (Yogyakarta: Deepublish, )

Mamik (2014). Metodologi Kualitatif (Sidoarjo: Zifatama Publisher).

Miftahul Gina, A., Dwija Iswara, P., Kurnia Jayadinata, A., & Studi PGSD UPI Kampus Sumedang Jl Mayor Abdurrachman No, P. (2017a). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pwim (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas Iv B Sd Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang (Vol. 2)

Rahmawati, Tahir. M, Khaerudin. (2025) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung Melalui Media Konkret Papan Penjumlahan dan Pengurangan (Panjurang). Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(3), 1149-1153.doi: https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v6i3.859

Rukin. (2021), Metodologi Penelitian Kualitatif (Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia,

Safitri, M., dkk. (2021). Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Sari, P. A. P. (2020). Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal For Lesson And Learning Studies, 3(1), 141–152.

Sobri, Menulis Ilmiah (Surabaya: Jakad Publishing, 2018)

Syarif Sumantri, (2024)Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar , Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 Nomor 03

Tompkins, G. E. & Jones, P. T. (2019). Teaching Writing Balancing Process and Product. Boston: Pearson Education

Uswatun. H, Junaidi. E, Supriadi, Ahmad. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(3), 1141-1148. https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v6i3.659

Downloads

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles