Pengaruh Model PjBL-STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bangun Datar SDN 37 Cakranegara
Authors
Mutiatun Sholeha , Khairun Nisa , Aisa Nikmah RahmatihDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1181Published:
2025-07-14Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis Project Based Learning, STEM,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III di SDN 37 Cakranegara masih rendah. Permasalahan tersebut disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan terpaku pada buku mata pelajaran saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kritis kelas III di SDN 37 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 42. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dan observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran. Hasil uji hipotesis diperoleh melalui uji independent sample t test mendapatkan sig. 0,009 < 0,05 dan nilai thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 2,766 ≥ 2,021 , yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dilihat dari kelima sintaks PjBL-STEM terdapat tiga sintaks yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu, 1) reflection, 2) research 3) application. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengruh model PjBL-STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SDN 37 Cakranegara dengan kategori sedang.References
Amni, K., Rasmi, D. A. C., & Yamin, M. (2024). Hubungan E-Readiness dan Kecendrungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(4), 714-719. https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.1097
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1).
Dalem, A. A. I. A. M. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 1072-1082. https://doi.org/10.29303/Goescienceed.v6i2.1097
Dhewi, & Ningrum. (2020). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1).
Dianti, S. A. T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Stem Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA
Fitriyah, N., & Ramadani, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEM Berbasis PjBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA berbasis STEM berbantuan ICT dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.117.
Jaelani, J. R. (2012). Penerapan metode debat untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis metode pembelajaran komunikatif untuk ppkn jenjang sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9-19. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970.
Laboy-Rush, D. 2010. Integrated STEM Education Through Project-Based Learning
Mahanal, S. (2014). Peran guru dalam melahirkan generasi emas dengan keterampilan abad 21. In Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(1), 1–16.
Megawati, Lukito, A., & & Rachmasari, D. H. (2023). Integrasi project based learning dengan stem pada pembelajaran fisika sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5), 894–904.
Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (204 C.E.). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Proyek untuk Pengembangan Keterampilan Menulis Cerita Pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998–3009.
Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis: Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 164–173. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.319
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. DOI: 10.29303/ jpm.xxxxx
Ramadhan, & Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43-54.
Setianingsih, R., Novita, M., & Patonah, S. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia dalam Pokok Bahasan Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 5-9.
Solissa, E. M., Rakhmawati, E., Maulinda, R., Syamsuri, S., & Putri, I. D. A. (2024). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558–570.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Titu, M. A. (2015). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 176–186. https://doi.org/10.30647/jip.v29i2.1796.
Trisnayoni, R. A., Puspita, N. P. L. A., & Dewi, N. W. S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Praktik Organizing Event. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 29(2), 159–168.
Warih Ade Indriani, K. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa pada materi bangun datar melalui model pembelajaran proyek terintegrasi STEM. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 51–62. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm