The Pengembangan Komik Cerita Anak Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Siswa

Authors

  • Fitria Suriyani STKIP Taman Siswa Bima
  • Nunung Fatimah STKIP Taman Siswa Bima
  • Suriya Ningsyih STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1146

Keywords:

Komik Cerita Anak, Kontekstual, Literasi Baca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas tentang kemungkinan, manfaat, dan produk efektif komik anak naratif berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi membaca siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa kelas 3 menjadi responden dalam penelitian ini yang menggunakan pendekatan Penelitian & Pengembangan. Sampelnya meliputi 19 siswa, 14 di antaranya ditempatkan dalam kelompok besar dan 5 dalam kelas kecil. Hasil Rata-rata tingkat keberhasilan adalah 87% untuk validasi ahli lain, 82,6% untuk validasi ahli materi. Pada tahap uji coba, tanggapan instruktur menunjukkan bahwa media sangat berguna dan diberi skor rata-rata 97%, dan tanggapan siswa menunjukkan bahwa mereka berguna dan diberi peringkat 92%. Nilai rata-rata pasca-tes (81,4) vs pra-tes (52,1) siswa menyiratkan bahwa bahan ajar komik literasi berbasis kontekstual telah efektif dalam meningkatkan literasi membaca. Rata-rata dari uji N-Gain adalah 0,64 untuk kategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar cerita komik anak-anak pada pembelajaran berorientasi kontekstual dapat dikatakan cukup layak, sangat baik dan berhasil sebagai sumber belajar bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas bawah.

References

Agustina, S., Ridlwan, M., & Abidin, R. (2022). Pengaruh Belajar Membaca Terhadap Kecakapan Bercerita Anak TK Al-Djufri III Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Conference of Elementary Studies, 568–582.

Aini, F., Edriati, S., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2424–2430.

Ellis, G., & Bloch, C. (2021). Neuroscience and literacy: an integrative view. In Transactions of the Royal Society of South Africa (Vol. 76, Issue 2, pp. 157–188). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/0035919X.2021.1912848

Fadhilah, U. (2022). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks News Items: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XII Pariwisata SMK Negeri 2 Kota Depok. In Journal of Basic Educational Studies (Vol. 2, Issue 1).

Jais, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tomia. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika

Machmudi, M. A., Wahyudiono, S., & Susilo, G. (2023). Analisis dan Rancang Bangun E-Learning dengan Metode ADDIE Model. JURNAL GO INFOTECH, 29(2), 226–232. https://doi.org/10.36309/go.v29i2.218

Rosyida, A., & Tjipto Subroto, W. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis CTL Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 57–60.

Salsa, A., Hayya, F., & Widyasari, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 160–165.

Setianingrum, A., & Mutia Sari, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pedekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Ipa Kelas 3 Di SDIT Al Amanah Depok. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 1315–1327.

Slavin, R. E. . (2014). Educational psychology : theory and practice. Pearson.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP, 3(1), 49–58. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Zamsiswaya, Syawaluddin, & Syahrizul. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation) (Vol. 8).

Downloads

Published

2025-07-16

Issue

Section

Articles