Perancangan LKPD berbasis STEM Terintegrasi Phet Simulations pada Materi Pemanasan Global Kajian Tahap Define dan Design

Authors

  • Zellyta Suci Oktavia Lingga Universitas PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari Universitas PGRI Pontianak
  • Lia Angraeni Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.1113

Keywords:

LKPD; STEM; Phet Simulations; Pemanasan Globa;, Berpikir Kritis; Kurikulum Merdeka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang Lembar Kerja Peserta Didika (LKPD) berbasis STEM yang terintegrasi dengan Phet Simulations pada materi pemanasan global di tingkat SMA. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi dan kemampuan berpikir kritis siswa akibat dominasi metode pembelajaran konvensional dan kurangnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi pada tahap Define dan Design. Analisis kebutuhan dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa, yang menunjukkan perlunya bahan ajar inovatif untuk membantu pemahaman konsep abstrak seperti efek rumah kaca. Hasil desain LKPD melibatkan integrasi elemen Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) serta penggunaan simulasi dari Phet untuk meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa. LKPD ini dirancang dengan struktur yang sistematis, bahasa yang komunikatif, serta visual yang menarik, sehingga sesuai untuk mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. LKPD ini memiliki potensi sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dan bermakna dalam menjelaskan materi Pemanasan global.

References

Fitriyah, L., & Madlazim. (2021). Pengembangan LKPD Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEM Menggunakan Phet Simulations untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. IPF: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 99-108.

Serevina, V., Nasbey, H., & Antika, A. (2023). Interactive Digital Module of Global Warming (IDMOGW) berbasis STEM-Project Based Learning untuk siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 12(1).

Wijayanti, W., & Sari, A. (2022). Aktivitas Pemanasan Global 10C. Scribd. Diakses dari https://id.scribd.com/document/847091968/Aktivitas-Pemanasan-Global-10C

Sihombing, B. (2024). Model Pengembangan 4D ( Define , Design , Develop , dan Disseminate dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. 4, 11–19.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Sari, D. N., & Rahmawati, Y. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 45–52.

Wahyuni, N., & Setiawan, R. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Fisika dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Fisika dan Pendidikan, 9(2), 101–108.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.

Hidayati, N., Suyono, S., & Sugiyarto, K. H. (2021). Pengembangan LKPD fisika berbasis inkuiri menggunakan model 4D. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 120–130.

Permana, H., Dewi, R. K., & Nugraha, D. (2020). Integrasi pendidikan STEM dalam pembelajaran isu lingkungan: Studi kasus pemanasan global. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 55–63.

Sari, I. N., Astuti, R., & Prasetyo, Z. K. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis STEM terintegrasi Phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 28–36.

Wulandari, F., Mulyani, S., & Suryani, L. (2020). Pemanfaatan simulasi Phet dalam pembelajaran IPA fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 97–104.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran STEM-pjbl untuk meningkatkan critical thinking siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 45–55.

Putri, E. R., Anwar, Y., & Ramli, M. (2020). Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(2), 213–224.

Rizal, A., Utomo, B., & Nur, M. (2021). Penggunaan simulasi Phet dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan pemahaman konsep efek rumah kaca. Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 33–41.

Widodo, A., & Wahyudin. (2019). Pengaruh pendekatan STEM terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 5(3), 112–121.

Wicaksono, A. S., & Fadillah, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan model 4D: Studi literatur. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 21–30.

Downloads

Published

2025-06-19

Issue

Section

Articles