Implementasi Permainan Tradisional Tapa Gala Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Yaa Karim Kota Bima
Authors
Nurfadilah , Wahyu Mulyadi , AbdurrahmanDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1034Published:
2025-06-29Issue:
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus (In Press)Keywords:
Anak, Permainan Tradiosional, Social EmotionalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi permainan tradisional Tapa Gala dalam mendukung perkembangan sosial emosional anak di TK Yaa Karim, Kota Bima. Salah satu permainan tradisional yang dapat dimanfaatkan sebagai metode dalam mengembangkan aspek sosial-emosional anak adalah permainan Tapa Gala. Permainan ini, yang merupakan bagian dari warisan budaya lokal, memiliki potensi untuk meningkatkan interaksi sosial dan keterampilan emosional anak melalui aktivitas kelompok yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan tradisional Tapa Gala, perkembangan sosial emosional anak dapat didorong secara positif, sekaligus meningkatkan kemampuan motorik kasar mereka. Melalui aktivitas yang menekankan kerja sama, disiplin, dan saling mendukung, permainan Tapa Gala memberikan dampak yang signifikan terhadap penguatan keterampilan sosial emosional anak usia dini di TK Yaa Karim, Kota Bima.References
Atika, Nyimas. 2022. “Pelaksanaan Permainan Tradisional Domikado Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang.” Jurnal Pendidikan Tembusai 6 No 2:9719–24.
Aulia, Diajeng, and Sudaryanti Sudaryanti. 2023. “Peran Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(4):4565–74. doi: 10.31004/obsesi.v7i4.4056.
Bete, Dixon Taek, and Marsen Kaleb Saidjuna. 2022. “Implementasi Permainan Tradisional Benteng Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5(2):70–79.
Bryan, Arron, and Riris Loisa. 2024. “Komunikasi Antara Pelatih Dengan Pemain Dalam Membangun Prestasi Tim Olahraga.” Kiwari 3(2):275–81. doi: 10.24912/ki.v3i2.30178.
Buadanani, and Delfi Eliza. 2022. “Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 5(1):47.
Fajar Awang Irawan, Said Junaidi, Dhias Fajar Widya Permana, Lukman Aditya, and Tania Arlita Safitri Prastiwi. 2023. “Implementasi Permainan Tradisional Plintengan Dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik.” SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 4(1):40–47. doi: 10.46838/spr.v4i1.292.
Fitria, Fadilatul, and Amidanal Chikmah. 2021. “Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Berbasis Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 4-5 Tahun.” Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):46–55.
Handayani, Fitri Febri, and Erni Munastiwi. 2022. “Implementasi Permainan Tradisional Di Era Digital Dan Integrasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Generasi Emas 5(2):11–20. doi: 10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(2).10460.
Harianja, Ade Lasma, Rosmaimuna Siregar, and Jumaita Nopriani Lubis. 2023. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(4):4871–80. doi: 10.31004/obsesi.v7i4.5159.
Immadulbilad, Annisa, Husni Abdillah, and Kartika Metafisika. 2023. “Stmimulasi Perkembangan Sosial Emosional AUD Dengan Permainan Mencocokkan Kartu Emoji Di Taman Kanak-Kanak Zainuddin Waru Sidoarjo.” Tarunateach: Journal of Elementary School 1(1):45–51. doi: 10.54298/tarunateach.v1i1.145.
Karim, Aim Abdul, and Muqowim. 2020. “Implementasi Permainan Tradisional Jamuran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):22–32. doi: 10.31849/paud-lectura.v.
Karomah, Rosi Tunas, and Raden Rachmy Diana. 2023. “Pengaruh Permainan Tradisional Dayakan Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 12(1):97–105.
Lismayani, Angri, and Muhammad Isbar Pratama. 2023. “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 2023(20):882–88.
Listyaningrum, Eunike Milasari. 2022. “Strategi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Sederhana.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol 2(03):19–24.
Lubis, Ramadhan, and Khadijah Khadijah. 2018. “Permainan Tradisional Sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak.” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 4(2):177–86. doi: 10.14421/al-athfal.2018.42-05.
Marlinah, M., and N. Y. Priyanti. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompok B Di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2):4135–42.
Mayar, Farida, Khairu Nisa Yulianti, Suryana Sari, Delfi Elza, Resvi Livia, Nur Azizah Lubis, and Putri Yolanda Arnis. 2023. “Analisis Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(5):6033–40. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.3756.
Rahayu, Dwi Istati, Nurhasanah, and I. Nyoman Suarta. 2021. “Penerapan Permainan Tradisional Pada Main Pembukaan Pembelajaran Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education 2(1):171–76.
Sari, Maya Yulia, and Fajar Awang Irawan. 2024. “Peran Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Nilai Sosial Emosional Anak Tingkat Dasar.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 8(2):632–44. doi: 10.37058/sport.v8i2.11372.
Sudaryanti, Sudaryanti, Prayitno Prayitno, Nurul Arifiyanti, and Oktaviana Maharani. 2024. “Pengembangan Kemampuan Motorik Dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Menggunakan Permainan Tradisional.” Jurnal Pendidikan Anak 13(1):114–25. doi: 10.21831/jpa.v13i1.387.
Syafi’i & Solichah. 2021. “Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul.” Jurnal Golden Age 5(02):83–88.
Syarroma, Intan Prastihastari Wijaya. 2025. “Permainan Labirin Sebagai Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Bekerjasama.” 230–37.
Wariyanti, Wahyuddin Nur, and Rusydi Ananda. 2022. “Perkembangan Aspek Sosial Emosional Dan Sains Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek.” Jurnal Basicedu 6(3):5351–5561.
Windi Wahyuni, Ida, and Ajriah Muazimah. 2020. “Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 8(1):61–68.