Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik SMPN 2 Janapria
Authors
Uswatun Hasanah , Yuli AeniDOI:
10.29303/jpmsi.v5i2.254Published:
2023-12-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kegiatan kampus mengajar ini mengacu pada upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pendidikan dasar. Hasil obeservasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar Angkatan 6 di SMPN 2 Janapria tingkat literasi dan numerasi peserta didik masih kurang dilihat dari hasil preetest yang di berikan masih tergolong rendah. Upaya yang di ambil untuk meningkatkan melalui implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus. Pendekatan ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana implementasi program ini berlangsung di lingkungan sekolah. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Janapria , melibatkan guru, kepala sekolah, dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokementasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. dilakukan evaluasi keberhasilan program sebelum dan sesudah pelaksanaan. Ditemukan peningkatan kemampuan membaca dan memahami bacaan peserta didik melalui interaksi intensif dengan mahasiswa. Hasil evaluasi numerasi menunjukkan peningkatan nilai rata-rata peserta didik dalam ujian numerasi. Faktor pendukung keberhasilan diantaranya keterlibatan guru dan kepala sekolah yang aktif, metode pembalajaran inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan teknologi, serta dukungan orang tua. Program ini memberikan implikasi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah Program Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMPN 2 Janapria terbukti berhasil dalam upaya peningkatan literasi dan numerasi peserta didik. Keterlibatan guru, metode pembelajaran inovatif, dan dukungan orang tua menjadi faktor pendukung keberhasilan program. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran. Implementasi program ini menjadi model inspiratif dalam menjawab tantangan kompleks di dunia pendidikan.References
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal on Early Childhood.
(2). 152-158.
https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.452 Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode
Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak. Melia, A. T., & Erlangga. G., (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-Sd-an. 17
(2). 120-128.
https://doi.org/10.17509/md.v17i2.42453 Muyassaroh, I. (2023). Implementasi Program
Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. 10 (2). 100-112. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/inde x
Pratiwi, A. E., & Tranggono, D. (2023). Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Sebagai Usaha Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi SDN Batonaong 1, Arosbaya. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia. 4 (1). 164-170. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.138
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18.
https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427 Robiah, R., Hendarman, H., & Hidayat, R. (2023).
Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (1). 528-539. View of Evaluasi Program Literasi Anak dengan Pendekatan Model CIPPO (ppjpaud.org)
Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 5 (1). http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.ph p/aujpsi
Setiawan, R., Nurani, D., Mardianto, A., Misiyanto, Komalasari, & Islamiyah, A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://repositori.kemdikbud.go.id/17586/1/ Panduan%20GLS%20SD_Edisi%202.pdf
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (1). 916 – 924. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Yuliastuti, N. D., & Pujiastuti, H. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Meningkatkan Kompetensi SMPN Satu Atap Curug, Kota Serang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5 (3). https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/d imasejati