Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika dengan Media Quizizz dan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL)

Authors

  • Ni Komang Januari Januari Universitas Mataram
  • Dwi Novitasari Universitas Mataram
  • Yuli Astuti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.937

Keywords:

Quizizz, Teaching at the Right Level (TaRL), Motivasi Belajar, Problem-Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui media Quizizz dan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Studi dilakukan di kelas X-7 SMAN 6 Mataram dengan 34 peserta didik. Berdasarkan asesmen awal, banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami soal dan memiliki motivasi belajar rendah. Oleh karena itu, diterapkan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan TaRL serta media interaktif seperti Quizizz, LKPD, dan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 65 menjadi 82, dengan persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat dari 40% menjadi 85%. Selain itu, motivasi belajar peserta didik meningkat, terlihat dari partisipasi aktif dalam diskusi dan antusiasme dalam mengerjakan soal melalui Quizizz. Pendekatan TaRL membantu peserta didik memahami materi sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, sedangkan Quizizz menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, kombinasi pendekatan diferensiasi dan media digital interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik.

References

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., & Walton, M. (2015). Teaching at the right level: Evidence from randomized evaluations in India. NBER Working Paper, 22746, 2369-2429.

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88-97.

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The new psychology of success. Random house.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research.

Pujiati, T., ZA, D. R., Ningsih, S., Romadlani, M. M. I., & Putra, S. N. W. (2024). Evaluating the Impact of Interactive Learning Platforms on Student Engagement and Performance: A Case Study of Quizizz in Higher Education. In 2024 3rd International Conference on Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT) (pp. 1-6). IEEE. DOI: 10.1109/ICCIT62134.2024.10701141

Rofiqoh, A. P. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Quizizz Di Kelas Xi Semester Genap Ma Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 (Ptk Online) (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166. DOI : 10.21831/jipi.v1i2.7501

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles