Penggunaan Media Papan Ular Tangga Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SDN 1 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.929Keywords:
Media Papan Ular Tangga, Culturally Responsive Teaching (CRT), Prestasi Belajar, Matematika SDAbstract
Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III SDN 1 Mataram pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan menerapkan penggunaan media papan ular tangga berbasis CRT untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas III SDN 1 Mataram.. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dua siklus pengamatan, data prestasi belajar peserta didik dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik terkategori baik. Hal ini dibuktikan dari jumlah peserta didik yang tuntas dan persentase ketuntasan dari 28 peserta didik.Pada Pra Siklus terdapat 12 peserta didik yang mendapat nilai tuntas dengan persentase ketuntasan 43% dengan nilai rata-rata 67, sedangkan pada Siklus I terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu terdapat 17 peserta didik yang mendapat nilai tuntas dengan persentase ketuntasan 61% dengan nilai rata-rata 75. Dan pada Siklus II hasil belajar peserta didik meningkat terdapat 25 peserta didik yang mendapat nilai tuntas dengan persentase ketuntasan 89% dengan nilai rata-rata 82. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selama 2 siklus dengan tahapan Penelitian Tindakan Kelas dapat dibuktikan bahwa penggunaan media papan ular tangga berbasis CRT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas III SDN 1 Mataram.
References
Dharmawansa, W. (2019). Penerapan strategi pembelajaran aktif,inovatif,kreatif,efektif dam menyenangkan ( PAIKEM ). IV(01), 113–123
DIKTI. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Pamungkas, W. A., & Koeswanti, H.D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Vidio Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4, 346
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84
Rahmawati, A. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga
Pintar Pada Penjumlahan dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada
Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran (Issue April). IAIN Ponorogo.
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.