Implementasi Media Mistery Of Puzzle Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SDN 39 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.915Keywords:
Motivasi Belajar, Mistery Of PuzzleAbstract
Motivasi belajar sangatlah diperlukan dalam proses pembelajaran ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa berkurang seperti, penggunaaan media serta dan strategi belajar yang kurang beragam. Penelitian ini merupakan penelitian untuk menindak lanjuti pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk mengetahui perubahan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SDN 39 Mataram memalui implementasi media pembelajaran berupa Mistery Of Puzzle. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner motivasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 60% pada siklus 1 menjadi 85% pada siklus 2. Motivasi belajar siswa juga meningkat dari 73% (kategori rendah) menjadi 84% (kategori tinggi), yang menunjukkan bahwa siswa merasa lebih antusias dan termotivasi ketika menggunakan media ini. Selain itu, Hasil belajar siswa menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam pemahaman materi. Pada siklus 1 presentase yang di peroleh berjumlah 27% rendah dan siklus 2 diperoleh peresentase yaitu 73% dengan kategori tinggi. Sehingga pada penetia ini dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
References
Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,11(3), 359-368
Agustia, S. L. dkk. (2021). Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Kediri: CV Srikandi Kreatif Nusantara.
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 5287-5294.
Anjaleka, K. (2021). Penggunaan puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD pada mata pelajaran PAI. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 114-119.
Handayani, Nurmaita Putri, dan Thania Intan Syahrini. 2019. “Peran Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika.†Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika5(1).
Mølstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15 (3), 329-344.
Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle sebagai Media Pembelajaran Inovatif dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 4.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rusdi, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mistery Box pada Materi Paragraf Argumentasi untuk Siswa Kelas IV di SDN 4 Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Sunarti. & Dalle, A. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MAN 1 Makassar. Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Vol. 1. No. 1.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).