Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i3.891Keywords:
Motivasi Belajar Bahasa Indonesia, Kooperatif Tipe TGTAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.1 SMAN 5 Mataram. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia di kelas XI.1 SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Pada siklus I peningkatan motivasi belajar sebesar 51%. Sedangkan pada siklus II peningkatan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan menjadi 82%. Berdasarkan penjelasan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI.1 SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2024/2025.
References
Farizza, R. A. (2024). Analisis Pendektan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Keaktifan Siswa Kelas V SDN Medowo 2 pada Materi Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara, 1(1) 20-26.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar. irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.
Mirdad. J. (2020). Model-Model Pembelajaran. Indonesia Jurnal Sakinah: Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, 2(1).
Mualimin., & Cahyadi. (2014). Penilitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Pasuruan: Gading Pustaka.
Nurfaizah. AP., & Amir, E, K. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa sd inpres 7/83 pasempe kabupaten bone. Jurnal ilmiah ilmu kependidikan, 2(2), 53-57.
Priansa. (2023). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Bandung CV Pustaka Setia.
Rizki. S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Ilmiah: DIKSATRIA.
Selly, P. N. (2024). Implementasi model teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas iv. Indonesian journal of learning and education studies, 2(2), 72-85.
Sensualita, dkk. (2021). Meningkatkan kualitas pembelajaran guru tk dan sd melalui penelitian tindakan kelas. magelang: Pustaka rumah cinta.
Slameto. (2020). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNISRI Press.
Talitha, L. K. (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Teks Tanggapan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smpn 12 Malang. Seminar Nasional Dan Prosiding PPG Unikama, 1(2), 2751-2762.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.