Keterampilan Psikomotor Siswa Dalam Melakukan Kegiatan Percobaan Tentang Suhu Dan Kalor Menggunakan Media Tiga Dimensi Dan Simulasi Komputer
DOI:
https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.11Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan psikomotor siswa dalam melakukan kegiatan percobaan tentang suhu dan kalor menggunakan media tiga dimensi dan simulasi komputer. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan melakukan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran fisika di kelas. Aktivitas yang dimaksud adalah keterampilan psikomotor siswa dalam melakukan kegiatan percobaan. Indikator keterampilan psikomotor dalam penelitian ini terdiri atas 4 komponen yaitu kemampuan merangkai alat, kemampuan membaca alat ukur, kemampuan mencatat data pengamatan, kemampuan mempresentasikan hasil percobaan. Penilaian setiap indikator menggunakan skala 4 dengan nilai skor yaitu apabilai nilai 12 sampai 16 termasuk kriteria sangat bagus, nilai 8 sampai 11 termasuk kriteria baik, nilai 4 sampai 7 termasuk kriteria kurang baik, dan nilai kurang dari 4 termasuk kriteria tidak baik. Pembelajaran fisika melalui kegiatan percobaan pada konsep suhu dan kalor dalam penelitian ini menggunakan media tiga dimensi dan simulasi komputer. Kegiatan pembelajaran dilakukan selama 4 kali pertemuan. Siswa yang dijadikan subyek penelitian terdiri atas 21 orang yang terdapat di kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan psikomotor siswa untuk indikator pertama adalah sebesar 12, indikator kedua sebesar 12, indikator ketiga sebesar 13, dan indikator keempat sebesar 8. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan psikomotor siswa dalam melakukan kegiatan percobaan tentang suhu dan kalor menggunakan media tiga dimensi dan simulasi komputer berada pada skala 3 dengan nilai rata-rata sebesar 11 yaitu termasuk kriteria baik. Penerapan media tiga dimensi dan simulasi komputer dapat menjadi alternatif media dalam pembelajaran fisika sehingga dapat mengembangkan keterampilan psikomotor siswa di SMA.References
Ajredini F, Izairi N, Zajkov O 2013 Real Experiments versus Phet Simulations for Better High-School Students’ Understanding of Electrostatic Charging European Journal of Physics Education 5 (1) 59-70.
Azmi M K, Rahayu S, Hikmawati 2016 Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (2) 86-94.
Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faour M A, Ayoubi Z 2018 The Effect of Using Virtual Laboratory on Grade 10 Students’ Conceptual Understanding and their Attitudes towards Physics Journal of Education in Science, Environment and Health 4 (1) 54-68.
Gunawan, Liliasari 2012 Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru Cakrawala Pendidikan 31 (2) 185-199.
Gunawan, Sahidu H, Harjono A, and Suranti NMY 2017 The Effect Of Project Based Learning With Virtual Media Assistance On Student’s Creativity In Physics Cakrawala Pendidikan 36 (2) 167-179.
Hayati S N, Hikmawati, Wahyudi 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3 (1) 48-54.
Jauhari M T, Hikmawati, Wahyudi 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (1) 7-12.
Jufri A W 2010 Belajar dan Pembelajaran Sains (Mataram: Arga Puji Press).
Kusdiastuti M, Harjono A, Sahidu H, Gunawan 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (3) 116-122.
Perkins K, Adams W, Dubson M, Finkelstein N, Reid S, Wieman C, LeMaster R 2006 PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics The Physics Teacher 44 18-23.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Puspendik 2015 Laporan Hasil Ujian Nasional http://118.98.234.50/lhun/daya_serap.aspx
Rusman 2012 Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (Bandung: Alfabeta).
Sahidu C 2013 Penilaian Hasil Belajar (Mataram: Arga Puji Press).
Sani R A 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Bumi Aksara).
Septiana I S, Harjono A, Hikmawati 2018 Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4 (1) 7-15.
Suprihatiningrum J 2013 Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Trianto 2008 Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas (Jakarta: Cerdas Pustaka).
Wahyuni R, Hikmawati, Muhammad Taufik 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (4) 164-169.