Pelaksanaan Sadar Numerasi dengan Menggunakan Lagu

Authors

  • Nurlailatun Ramdani STKIP Harapan Bima
  • Nunung Fatimah

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.146

Abstract

Literasi numerasi perlu ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini sebagai pondasi yang kuat dalam meningkatkan literasi numerasi dijenjang pendidikan berikutnya. Tidak hanya pada jenjang pendidikan sekolah namun dalam lingkup kegiatan masyarakatpun literasi numerasi perlu ditanamkan. Oleh karena itu, tim penulis mengadakan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan tujuan agar anak-anak sadar akan numerasi. Media yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah media lagu yang berhubungan dengan perhitungan lebih tepatnya tentang pengurangan bagi anak-anak yang umur 7 - 10 Tahun. Peserta pengabdian masyarakat ini yaitu anak-anak yang berada di Dusun Rangga Desa Kalampa Kecamatan Woha. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa anak-anak terampil berhitung pengurangan dengan menggunakan lagu sebab kegiatan pembelajaran yang diadakan lebih mudah dipahami dan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Dengan hasil tersebut maka kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan menggunakan lagu dapat meningkatkan kesadaran numerasi bagi anak-anak.

References

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, PRISMA 1.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakrta: Dirjen Dikdasmen.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Kemendikbud. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018. 021, 1–200

Kusumawati, H. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anak. Imaji.

https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3839

Nafiah & Hartatik, Sri. 2020. Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5 (1), 32-42.

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assement Framework. (Online).

http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46214190J.pdf, diakses 11 Oktober 2021)

Pentury, Helda Jolanda. 2018. Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarkat. 9(2), 226-239

Perdana, Ryzal &Suswandari, Meidawati. 2021. Literasi Numerasi dalam Pembelajaran TematikSiswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3 ( 1) , 9-15.

Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada PembelajaranMatematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5, 566–575.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Ramdani, N., & Fatimah, N. (2023). Pelaksanaan Sadar Numerasi dengan Menggunakan Lagu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 3(2), 65–71. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.146

Issue

Section

Articles